Kemarin ada pelanggan saya yang mengeluh windowsnya erorr. Setelah saya cek ternyata kasusnya adalah windowsnya tidak mau log on.Hal ini di tandai dengan munculnya welcome screen lalu dalam hitungan detik langsung log off sendiri. Ada juga yang muncul welcome screen terus minta username dan password, tapi setelah diisi dengan benar, windowsnya langsung log off. Di coba pakai safe mode pun hasilnya sama saja. Hal ini disebabkan karena tidak adanya file userint.exe. File ini terletak di direktori C:\windows\system32. Penyebab hilang/ rusaknya file tersebut salah satunya karena terinfeksi virus. Saya akan coba memberikan beberapa cara untuk mengatasinya.

CARA 1 :
  • Pertama kita siapkan CD Master Windows XP. Reboot komputer, lalu masuk ke settingan bios. Ubah first boot device menjadi CD/DVD ROM. Simpan dan keluar. Lakukan booting dari CD.
  • Masuk ke Recovery Console ( Tekan F2), lalu masukkan password administrator komputer tersebut. Jika berhasil, maka akan muncul prompt C:\windows. Jika sudah, masuklah ke direktori system32. Untuk masuk ke direktori tersebut, gunakan perintah cd system32, maka selanjutnya akan muncul prompt C:\windows\system32.
  • Jika sudah berhasil, masuklah ke drive cd rom ( pada kasus saya letaknya di F:\ ). Jika anda lupa/ tidak tahu letak drive cd romnya, coba ketikkan perintah map, nanti akan terlihat dimana letak cd rom anda.
  • Setelah masuk ke drive cd rom, masuklah ke direktori i386. Dari direktori tersebut, ketikkan perintah expand (F:\i386 expand userinit.exe C:\windows\system32), gunanya untuk mengcopy file userinit.exe ke dalam direktori windows. Tunggu hingga muncul komentar 1 file(s) expanded. Restart windows.
  • setelah berhasil log on, segera scan komputer dengan antivirus untuk menghilangkan virusnya.
CARA 2 :
  • Cara ini digunakan apabila kita tidak punya CD Master Windows XP.Untuk itu kita membutuhkan 1 buah komputer yang masih normal
  • Langkah pertama, pasang harddisk yang rusak ke dalam komputer yang normal. Set pada slave. Lakukan booting dengan harddisk yang normal.
  • Segera scan harddisk yang rusak untuk menghilangkan virusnya dan juga untuk menghindari menyebarnya virus ke dalam harddisk yang normal.
  • Setelah proses scan selesai, masuklah ke folder C:\windows\system32. Cari file userinit.exe, lalu copy ke folder windows\system32 pada harddisk yang rusak. Restart windows.
Apabila anda sudah menggunakan salah satu cara diatas dan ternyata masih tidak bisa log on (gagal), berarti file systemnya juga sudah terinfeksi virus. Jika ini yang terjadi, terpaksa windows anda harus di install ulang.
CATATAN :
Untuk kasus yang terjadi pada pelanggan saya kemarin, terpaksa saya install ulang, karena setelah saya gunakan cara pertama dan berhasil log on, selanjutnya saya scan dan terdeteksi ada 1.112 file termasuk file-file system yang terkena virus. Setelah itu saya restart ulang dan ternyata windowsnya tidak mau log on  lagi. Terpaksa deh windowsnya saya install ulang.