Cara Mengatasi Bluescreen pada Komputer dan Laptop

14 March 2016
Greget itu saat kita lagi asik-asiknya ngeGame, atau lagi serius ngerjain tugas kuliah ataupun kantor, tiba-tiba layar komputer/laptop menjadi biru (bluescreen).... Marah, jengkel, bingung, emosi ca,pur aduk jadi satu. Bluescreen atau panjangnya BlueScreen of Death (BSOD) memang menjadi momok tersendiri bagi pengguna komputer maupun laptop (termasuk notebook, netbook dan sejenisnya). Untuk itu kali ini saya akan coba memberikan beberapa tips cara mengatasinya. Untuk mengatasi bluescreen, kita perlu melihat kode permaslahan yang ditampilkan, karena beda kode beda juga cara mengatasinya.
Berikut ini beberapa kode yang biasanya ditampilkan oleh bluescreen:

DATA_BUS_ERROR

Pesan error ini berarti slot pada motherboard rusak atau berdebu, biasanya slot yang bermasalah adalah pada slot memori. Untuk mengatasinya Anda bersihkan slot-slot yang ada pada mobo terutama slot memori.

PEN_LIST_CORRUPT

Pesan error ini berarti telah terjadi masalah pada RAM.
Solusinya:
Periksa apakah RAM rusak atau tidak. Anda cabut RAM-nya dan bersihkan slot dan RAM-nya, bersihkan RAM dengan penghapus.Jika masih terjadi bluescreen, berarti RAM anda rusak.

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Pesan error ini berarti telah terjadi kesalahan pada pengaturan pemasangan jumper, driver IDE controler, atau kesalahan pada saat installasi driver chipset.
bsod Solusinya:
Kembalikan pada pengaturan awal. Jika anda tidak merasa mengutak-atik jumper maupun IDE controler, coba install ulang driver chipsetnya. Jika tetap tidak bisa, berarti mainboard anda yang bermasalah.

MACHINE_CHECK_EXCEPTION

Pesan error ini berarti disebabkan oleh kerusakan Prosesor, atau juga bisa disebabkan oleh kerusakan/ kekurangan daya pada power supply. Anda harus menjaga suhu prosesor agar tetap terjaga, tapi bila tetap muncul pesan error ini artinya prosesor atau PSU Anda sudah mau tutup usia.
Solusinya:
Bersihkan heatsink (pendingin) pada prosesor, termasuk kipasnya. Cek putaran kipasnya, masih kencang apa sudah lemah. Kalau perlu ganti. Beri pasta pada prosesor. Cek power suply. Jika tidak bisa mengecek, cari aja power suply yang masih bagus, jika tidak punya ya beli.. hitung-hitung belajar :)

BAD_POOL_CALLER

Kesalahan ini biasanya terjadi karena kesalahan pada saat menginstall atau mengupgrade driver, karena ini memaksakan sehingga komputer mengalami blue screen.
Solusinya:
Uninstall driver yang baru saja di install. Jika karena upgrade driver, kembalikan saja pada driver defaultnya (roll back)

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Pesan ini terjadi karena ada kerusakan hardware pada komputer Anda, bisa jadi RAM, VGA, atau memory di prosesor (L2 Cache)
Solusinya:
Lepas VGA Card. Jika menggunakan VGA internal, matikan (lewat bios) lalu gunakan VGA eksternal. Jika tetap tidak berhasil, coba ganti RAM. Jika hasilnya sama saja, berarti prosesornya minta diganti :)

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Masalah ini terjadi bisa karena kesalahan pada saat menginstall driver, terjadinya timpang tindih/ bentrok pada driver yang biasanya terjadi ketika pengguna menginstall/ update driver baru sedangkan driver lama tidak terhapus/ dihapus (berhati-hatilah bagi Anda yang gemar update/ coba-coba install driver baru). Selain itu kesalahan ini pun bisa terjadi karena pengaturan/ penginstallan driver VGA dan Audio Sound.
Solusinya:
Uninstall driver baru tersebut. Bersihkan sampah-sampah di bantar gebang di komputer/ laptop (bisa pakai CCleaner ataupun Advance System Care atau yang lain, terserah anda). Restart komputer, install ulang driver tadi.

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Pesan ini muncul terjadi karena Prosesor terlalu panas, cek kipas prosesor. Bisa juga disebabkan karena overclocking yang melebihi performa batas prosesor. Atau terjadi masalah pada motherboard.
Solusinya:
Bersihkan heatsink (pendingin) pada prosesor, termasuk kipasnya. Cek putaran kipasnya, masih kencang apa sudah lemah. Kalau perlu ganti. Beri pasta pada prosesor.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Kesalahan ini terjadi karena terjadi kesalahan saat install driver video card atau VGA.
Solusinya:
Install driver VGA yang sesuai dengan OS dan tipe sistem yang digunakan.
Itu tadi beberapa pesan kesalahan pada bluescreen. Semoga bisa membantu kalian mengatasinya. Sebagai penutup, berikut saya berikan sedikit tips mengatasi bluescreen:
  1. Buka Control Panel lalu klik System.
  2. Klik System Protection
    system protection
  3. Selanjutnya klik tab Advanced, lalu klik Setting pada Startup and Recovery
    system protection2
  4. Ubah Automatic Memory Dump menjadi Small Memory Dump (...) yang berada di kolom Write debugging information
    system protection3
  5. Klik OK
Semoga bermanfaat.

INFORMASI PENTING

Apabila ada script atau tips & trik yang tidak bisa digunakan, silahkan beritahu kami melalui kolom komentar atau email kami di psnpenting@gmail.com

papa wardi
papa wardi Updated at: 20:30

Kolom komentar adalah tempat untuk Tanya-Jawab, Kritik-Saran dan tempat untuk berbagi ilmu, BUKAN TEMPAT PROMOSI.
Maaf jika saya tidak bisa membalas satu per satu komentar sahabat semua. Harap maklum.

Copyright 2016 © papawardi